Kamis, 24 Juli 2014

PESAWAT MALAYSIA HILANG: Ini Dugaan Rute Penerbangan MH370 Ke Andaman

NewswireJum'at, 14/03/2014 18:59 WIB
Rute yang diduga dilewati pesawat/dailymail
dailymail
Rute yang diduga dilewati pesawat

Kabar24.com, JAKARTA—Kabar dugaan pesawat Malaysia Airlines terbang ke Kepualauan Andaman India masih belum terkonfirmasi. Namun, muncul peta prediksi jalur penerbangan yang ditempuh pesawat MH370 tersebut.

Dua orang sumber menyatakan pada Reuters jika investigator mengindentifikasi adanya kemungkinan pesawat itu terbang ratusan mil menyimpang dari rutenya sehingga meningkatkan kecurigaan kesalahan manusia adalah penyebabnya.

Pesawat yang mengangkut 239 orang itu diduga mengalihkan rutenya dari Kuala Lumpur ke Beijing yang mengarah ke timur laut, menjadi ke barat, yakni ke Kepulauan Andaman.

Pesawat itu, menggunakan koridor penerbangan pesawat yang biasa digunakan sebagai rute ke Timur Tengah dan Eropa, kata sejumlah sumber yang dekat dengan penyelidikan akan hilangnya pesawat Boeing 777 itu.

Kedua sumber mengatakan bahwa sebuah pesawat tak teridentifikasi yang diyakini para penyelidik sebagai Penerbangan MH370 telah menyusuri rute antara beberapa titik navagasi (waypoint) saat terakhir terjejaki radar militer di lepas pantai barat laut Malaysia.

“Ini menunjukkan pesawat itu mungkin diterbangkan oleh pilot atau seseorang yang mengenali titik jalur navigasi,” kata sumber-sumber tersebut.

Alur terakhir dalam pelacakan radar militer menunjukkan pesawat tersebut terbang menuju Kepulauan Andaman di India, yaitu rangkaian pulau-pulau antara Laut Andaman dan Teluk Bengala, kata mereka.

Waypoin adalah lokasi geografis yang dipetakan oleh penghitugan garis bujur dan garis lintang yang membantu pilot mengarahkan pesawat di sepanjang koridor udara yang aman.

Karena itu, saat ini menurut pejabat polisi Malaysia mereka mendalami kemungkinan adanya sabotase dengan skenario  pembajakan. (Antara)

BACA JUGA:

Dua Warga Australia Lamar Jadi Algojo Di Sri Lanka

JOKOWI CAPRES 2014: Gerindra Siap Diadu

 

Editor:Mia Chitra Dinisari